Kunjungan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian RI

Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin menerima Kunjungan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian RI pada hari Kamis, 10 Juni 2021. Hadir pula mendampingi kunjungan ini, Plt. Ka. Distanbun Jateng, Ir. Tri Susilarjo,MM, Kepala Seksi Pascapanen, Koordinator dan Penyuluh Pertanian Distanbun Jateng. Kunjungan yang dilakukan dalam rangka optimalisasi tugas dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) melalui Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani). Peran BPP dapat ditingkatkan melalui pembangunan prasarana dan sarana BPP. Saat ini Kementerian Pertanian sedang menyiapkan fasilitas Sarana IT berupa perangkat komputer, modem dan fasilitas internet untuk BPP di seluruh Indonesia. Harapannya dengan membangun IT di BPP, pengembangan pertanian dapat dioptimalkan dengan inovasi teknologi 4.0, sehingga produksi bisa dipercepat.

Selain itu, pembangunan SDM Pertanian yaitu Penyuluh, Petani, Poktan, Petani Milenial, KWT, sangat penting untuk segera dilakukan. Kementerian Pertanian telah mencanangkan program petani milenial yang akan dikirim untuk Magang di Jepang. Magang dilaksanakan selama 1-2 tahun, peserta magang mendapatkan upah sampai dengan 12 jt rupiah per bulan, selain itu tentunya memperoleh ilmu, tentang bagaimana budidaya (on farm), hingga off farm antara lain panen, mengemas, hingga memasarkan produk hasil pertanian. Sebagaimana diketahui bahwa off farm hasil pertanian kita masih belum optimal terutama untuk pengemasan dan pemasaran karena masih melakukan pertanian konvensional. Disampaikan bahwa di akhir bulan ini, akan dilaksanakan pelatihan untuk petani di seluruh Indonesia. Pelatihan akan dilakukan secara daring dan luring.

Diharapkan pemerintah pusat dan provinsi dapat meningkatkan kerjasama dalam membangun BPP dan SDM Pertanian.
Kunjungan ini dilanjutkan ke Kabupaten Pati yg diterima oleh Bupati Pati H. Haryanto, SH., MM., M.Si, Camat, Muspika, Danramil serta penyuluh pertanian setempat.

Komentar


List Komentar

Apakah ada lowongan pekerjaan pak/Bu?



Link terkait
Pemprov Jateng
Lapor gub
LKPP
LPSE
Kementan