Pertemuan Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP)

SIMURP merupakan kegiatan modernisasi dan rehabilitasi jaringan irigasi yang mendesak dan penting. Kegiatan SIMURP difokuskan pada upaya strategi pemerintah untuk mengantisipasi dampak negatif perubahan iklim global melalui pelaksanaan pembangunan Pertanian Cerdas Iklim (Climate Smart Agriculture atau (CSA).
Tujuan Pertanian Cerdas Iklim atau CSA bagi pertanian adalah meningkatkan produksi dan produktifitas; meningkatkan pendapatan petani; peningkatkan pengetahuan dan keterampilan Penyuluh dan petani dalam penerapan teknologi Pertanian Cerdas Iklim/CSA; mengurangi resiko gagal panen; dan mengurangi efek gas rumah kaca.
Sebagai evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan SIMURP di Jateng, Pertemuan SIMURP ini dilaksanakan dan dihadiri oleh petugas Pelaksana Teknis, Pelaksana Administrasi dan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dari 7 (tujuh) kabupaten penerima kegiatan di Jateng, yaitu Kabupaten Banjarnegara, Brebes, Demak, Grobogan, Kebumen, Purbalingga, dan Purworejo.
Dari hasil evaluasi, ditekankan untuk percepatan pelaksanaan dan sosialisasi Demplot Penerapan Teknologi CSA kepada petani/poktan secara swadaya baik di dalam kelompok itu sendiri maupun diluar poktan sehingga dampak dari penerapan teknologi ini bisa di manfaatkan secara berkelanjutan untuk meningkatkan Indeks Pertanaman, produksi dan produktivitas, peningkatan pendapatan petani dan menurunkan emisi gas rumah kaca.

Komentar


List Komentar


Link terkait
Pemprov Jateng
Lapor gub
LKPP
LPSE
Kementan