PENGEMBANGAN VANILI DI JAWA TENGAH

Vanili merupakan salah satu produk perkebunan yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi dan mendunia. Vanili adalah tanaman penghasil bubuk vanili yang biasa dijadikan pengharum makanan. Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yang berbentuk polong. Tanaman vanili dikenal pertama kali oleh orang-orang Indian di Meksiko, negara asal tanaman tersebut. Nama daerah dari Panili adalah Panili atau Perneli.
Tanaman vanili memiliki daya tarik tersendiri karena harga basah polong vanili sekarang mencapai Rp. 250.000/kg, sedangkan harga kering vanili kurang lebih mencapai Rp. 3.500.000,- /Kg. Sentra tanaman vanili di Jawa Tengah berada di Kabupaten Temanggung, tetapi beberapa tahun ini semakin berkembang di Kabupaten Semarang, Magelang, Karanganyar dan Purworejo. Untuk mengembangkan tanaman vanili diperlukan pendampingan dalam hal teknik budidaya dan bantuan bibit sedangkan dalam hal pemasaran sangat mudah karena banyak peminat/konsumen yang membutuhkan.
Adapun manfaat tanaman vanili untuk Kesehatan dan Kecantikan :
1. Kesehatan Jantung
Vanillin yang berada dalam vanili terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.
2. Menangkal Bakteri
Manfaat lainnya adalah menangkal bakteri, seperti dalam riset yang dilakukan pada 2014 silam. Minyak esensial vanili yang diaplikasikan ke peralatan medis nyatanya dapat mencegah tumbuhnya sel bakteri
tertentu. 3. Mencegah Jerawat
Sifat antibakteri dari vanili bisa mengatasi hal tersebut karena mampu menghilangkan infeksi yang mempercepat proses penyembuhan kulit.
4. Antioksidan
Vanili memiliki kandungan antioksidan yang dapat melawan zat radikal bebas.
5. Mengatasi Rambut Rontok
Vanili kerap digunakan untuk produk kecantikan, salah satunya rambut. Ini karena vanili bermanfaat mengatasi rambut rontok yang berasal dari minyak esensial vanili.
6. Menenangkan Gejala Depresi
Ekstrak vanili mengandung efek antidepresan. Ini serupa obat antidepresi yaitu fluoxetine sehingga menimbulkan efek tenang.
7. Mengatasi Pencernaan
Daun dari tanaman ini memiliki khasiat untuk mengatasi pencernaan. Daun vanili akan membuat sistem pencernaan lebih lancar dan terhindar dari penyakit seperti sembelit dan diare.
8. Kesehatan Otak
Manfaat daun vanili bagus untuk kesehatan otak. Daun ini memiliki senyawa yang dapat membantu kinerja otak dan membuatnya berfungsi lebih optimal.

Komentar


List Komentar


Link terkait
Pemprov Jateng
Lapor gub
LKPP
LPSE
Kementan